Proses Procurement yang Dapat Dilakukan Dimanapun dan Kapanpun

Akibat pandemi virus COVID-19 yang sedang berlangsung akhir-akhir ini, semua tatanan kehidupan menjadi berubah, salah satunya adalah pada proses bisnis. Dalam upaya untuk mencegah penularan COVID-19, tempat-tempat ramai ditutup, dan bisnis di berbagai sektor menjadi lesu. Perusahaan merumahkan karyawan mereka agar kantor tidak menjadi episentrum tempat penularan virus COVID-19. Karena perubahan-perubahan ini, perusahaan juga harus beradaptasi agar dapat bertahan dalam menjalankan usahanya.

Pandemi COVID-19 memaksa bisnis berevolusi dalam era Digital Megashifts, yang berarti bergeser ke dunia digital secara besar-besaran. Salah satu pergeseran yang harus dilakukan perusahaan agar dapat bertahan adalah dengan Go Digiware, yang berarti bahwa bisnis mengadopsi proses digital untuk aktivitas yang seharusnya atau yang sebelumnya dilakukan secara fisik. Salah satu contoh di mana proses tersebut bisa diimplementasikan adalah proses purchasing/ pembelian.

Proses pembelian diawali dengan mengundang vendor dan menyeleksinya. Proses seleksi diawali dengan kelengkapan persyaratan vendor, kompetensi atau kemampuan vendor dalam memenuhi requirement, hingga tender atau perbandingan harga. Sebelum COVID-19, proses ini dilakukan secara tatap muka. Akan tetapi karena COVID-19, orang-orang tidak lagi bisa bertatap muka dengan mudah. Agar proses pembelian tetap berjalan dengan lancar, perusahaan mau tidak mau harus migrasi kepada proses digital.

Realta Chakradarma memiliki solusi N2N systems yang dapat memampukan proses procurement untuk dilakukan di mana pun dan kapan pun. N2N systems menyediakan daftar vendor yang sesuai dengan kualifikasi & kompetensi, serta mampu melakukan proses tender dan penunjukkan secara online. Proses yang sebelumnya dilakukan oleh tim Purchasing secara fisik, semua dapat disediakan platformnya oleh Realta secara online.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di nomor telepon +62 21 3861 772, di Official Whatsapp +62 811 1221 789 (chat only), kirim email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., atau kunjungi website www.realta.co.id