Chatbot GISA! Layanan Artificial Intelligence (AI) Dukcapil

Beberapa tahun belakangan ini ada terobosan baru yang disebut dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau yang dikenal sebagai Kecerdasan Buatan. AI merupakan sebuah teknologi yang memampukan robot ataupun program perangkat lunak untuk menyerupai cara berpikir dan penyelesaian masalah seperti manusia. Terobosan ini banyak digunakan di berbagai sektor untuk mempercepat pelayanan dan meningkatkan kenyamanan.

Bagaimana upaya KORPRI memanfaatkan teknologi AI untuk mempercepat layanan Dukcapil?

aplikasi ai gisa akui (ai) 

Hasil kerjasama KORPRI - Dukcapil

Sejatinya KORPRI menciptakan aplikasi AKUI (Aplikasi KORPRI Untuk Indonesia) sebagai platform media informasi, portal hiburan serta media edukasi untuk ASN dan masyarakat umum.

Dengan meningkatnya tuntutan profesionalitas ASN (Aparatur Sipil Negara) sebagai pelayan publik. KORPRI bersama dengan Dukcapil telah merumuskan suatu terobosan teknologi AI yang akan digunakan untuk pelayanan publik yang dapat diakses dengan cepat, kapanpun dan dimanapun.

Layanan Teknologi AI Chatbot Dukcapil - GISA

Layanan Dukcapil terkait pendataan tentang peristiwa penting seperti kelahiran, kematian, pernikahan, perceraian, pewarganegaraan, perpindahan, dan lain lain sangat dibutuhkan untuk sensus maupun untuk lembaga seperti Badan Pusat Statistik.

Hal diatas sejalan dengan tujuan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Untuk mendukung gerakan itu, KORPRI bersama Dukcapil membuat Chatbot GISA.

Dengan layanan AI, akses informasi akan menjadi semakin nyaman, cepat, mudah, akurat dan dapat beradaptasi sesuai gaya bahasa.

Layanan yang bisa Anda temukan pada Chatbot GISA sebagai berikut:

1. Administrasi Kepindahan
Administrasi kepindahan meliputi informasi mengenai pengurusan pindah alamat rumah, pindah keluar kota, atau pindah keluar negeri.

2. Perihal Informasi Tanda Penduduk
Informasi tanda penduduk yang bisa diberikan adalah mengenai Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

3. Informasi Mengenai Kartu Keluarga
Informasi yang bisa didapatkan mengenai Kartu Keluarga (KK) adalah mengubah Kartu Keluarga, mengurus Kartu Keluarga yang rusak/hilang, atau membuat Kartu Keluarga yang baru.

4. Informasi Akta
GISA dapat memberikan informasi tentang Akta Kelahiran, Akta Nikah, Akta Kematian, dan Akta Cerai.

Chatbot GISA bisa input multi bahasa

Seluruh layanan pada Chatbot GISA, dapat digunakan dengan cara mengucapkan melalui mic ataupun mengetik dengan keyboard smartphone. Selain itu GISA dapat mengenali bahasa Indonesia dan bahasa adat Jawa.

Target & sasaran layanan Chatbot GISA

KORPRI ingin mengedukasi masyarakat umum, aparatur sipil negara, aparatur petugas pelayanan Dukcapil, dan lembaga pengguna (pemerintah dan swasta) mulai dari tingkat desa, kabupaten hingga provinsi.

Untuk kedepannya, diharapkan bahwa layanan chatbot GISA dapat mempercepat layanan karena masyarakat mendapatkan informasi mengenai pencatatan sipil secara real-time, menyampaikan informasi yang jelas dan akurat agar masyarakat tidak perlu bolak-balik untuk mengambil dokumen yang tertinggal, dan meringankan kerja staff ASN (Aparatur Sipil Negara) karena dapat menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat.

Jika anda ingin mencoba layanan Chatbot dari Dukcapil ini anda bisa mendapatkan aplikasinya di Play Store atau kunjungi www.akui.co.id