Chatbot at Your Service

Pandemi COVID-19 membawa begitu banyak perubahan. Perubahan mengenai apa yang harus digunakan dan dibawa pada saat keluar rumah dan proses bisnis perusahaan adalah beberapa contoh dari perubahan yang terjadi. Pandemi COVID-19 juga memicu para pelaku usaha untuk melakukan megashift digital. Megashift Digital merupakan merupakan perubahan besar-besaran ke platform digital. Hal ini bukan karena untuk menjadi lebih keren karena memiliki teknologi terbaru, melainkan dipicu karena tuntutan dan kebutuhan. Pelaku usaha harus tetap menjalankan bisnisnya meskipun dalam keadaan pandemi.

 

Hal ini juga berlaku pada Customer Service. Customer Service harus terus berjalan untuk melayani pelanggan. Meskipun tim Customer Service ada yang terkena COVID-19, pekerjaan mereka harus tetap berjalan. Tidak mungkin Customer Service berhenti karena ada yang terkena COVID-19. Hal ini adalah karena peran Customer Service adalah melayani pelanggan 24 jam. Jadi sekarang, Customer Service harus beralih ke layanan online dan otomatis agar dapat mengakomodasi pelanggan meskipun personel berkurang.

 

Di masa pandemi seperti ini, muncul juga tuntutan untuk tidak berkerumun saat melakukan training/sosialisasi mengenai aturan baru dan kebutuhan lainnya. HR wajib mencari cara untuk melakukan training dan sosialisasi tanpa membuat kerumunan dan efektif. Situasi sekarang membuat tim HR harus mengkoordinir training dan sosialisasi secara daring dan otomatis. 

 

Bagi tim Customer Service, bagaimana caranya untuk tetap melayani pelanggan di saat jumlah personel Customer Service berkurang/dikurangi karena terpapar COVID-19 atau kantor dalam keadaan tutup? Dengan chatbot di tim Customer Service, Chatbot dapat menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang sudah biasa ditanyakan oleh pelanggan. Jadi chatbot dapat menjadi solusi instan di situasi jumlah personel Customer Service berkurang, personel Customer Service terpapar COVID-19, dan kantor dalam keadaan tutup. 

 

Bagi tim HRD, ketika ada aturan baru, biasanya mereka akan melakukan sosialisasi ke karyawan dengan mengumpulkan mereka ke suatu ruangan tertentu. Hal ini sekarang tidak dimungkinkan lagi. Lalu bagaimana caranya HRD melakukan sosialisasi mengenai aturan Protokol Kesehatan terkait COVID-19? Dengan Chatbot di HRD, tim HRD dapat melakukan sosialisasi melalui Chatbot

 

Chatbot yang dibuat oleh PT. Realta Chakradarma memungkinkan pelaku bisnis dalam hal membantu mereka untuk mengotomatisasi proses-proses manual dan mengurangi intervensi manusia seperti di Business Operation untuk Training, Reporting, Data Entry by Voice, dan Minutes of Meeting. Konten khusus dapat mencakup Lifestyle, Weather, Al Quran, Kitab Suci, dan Chat-Chat. Untuk Customer Service dapat mencakup FAQ, Location & Direction, Survey & Feedback, Agent Request, dan Service Ticket.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di nomor telepon +62 21 3861 772, di Official Whatsapp +62 811 1221 789 (chat only), kirim email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau kunjungi website www.realta.co.id