Hidayat Tjokrodjojo, Komisaris PT. Realta Chakradarma Menjadi Pembicara dalam Indonesia Transport, Logistics and Maritime Week 2017

Pada tanggal 10 – 12 Oktober 2017, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menyelenggarakan konferensi dan ekshibisi Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week 2017 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran. Highlight dari acara nasional ini adalah serangkaian pameran dari Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics (ITSCL); Intra-Logistics Indonesia (ILI); Warehousing Indonesia (WHI); Indonesia Trucks & Commercial Vehicles (ITCV); Indonesia Maritime Expo (IME); Indo Airport Expo (IAE); Jakarta International Logistics Summit & Expo (JILSE) and Indonesia Logistics Solution Day (ILSD). Ada pula berbagai seminar yang mengusung tema transformasi digital di sektor transportasi, logistik dan maritim.

Para pemangku kepentingan (stakeholder) sektor transportasi, logistik serta maritim turut berpartisipasi dalam acara ini. Sejak tahun 2015, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengimbau perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mulai beradaptasi dengan transformasi digital dan berubah dari bangsa yang mengonsumsi menjadi bangsa yang memproduksi. Tujuan diadakan acara ini adalah untuk memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai peraturan pemerintah dan instruksi dari Jokowi tersebut.

Sebagai Wakil Ketua Umum Komite Tetap ICT untuk Logistics & Supply KADIN Indonesia, Bapak Hidayat Tjokrodjojo, yang juga merupakan Komisaris PT. Realta Chakradarma, mendapat kehormatan untuk menjadi pembicara dalam sesi seminar pada hari ketiga dengan membawa tema ‘Digital Solution for Your Business’.

Selama kurang lebih 20 menit, beliau menyampaikan tentang keharusan penerapan komputerisasi bagi perusahaan dan industri di Indonesia saat ini. Penerapan komputerisasi harus dilakukan secara lengkap (holistic) dan sesuai dengan daur ulang (life cycle process) dari bisnis yang dijalankan. Digital solution yang dipilih perusahaan juga harus terintegrasi, di mana keamanan data dapat terjamin dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perusahaan-perusahaan ICT yang ikut dalam pameran turut diperkenalkan agar dapat dikunjungi oleh para peserta seminar.

Pameran dan seminar dibuka oleh Bp. Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Bp. Rudiantara, Menteri Telekomunikasi dan Informatika Republik Indonesia hadir sebagai pembicara utama pada hari pertama seminar. Bp. Elisa Lumbantoruan, Ketua Komite Tetap ICT, Logistic dan Supply Chain KADIN Indonesia, juga menjadi pembicara dalam di sesi pertama seminar pada hari ketiga yang mengusung tema ‘Tantangan dan Strategi Bisnis Logistik di Era E-Commerce’.