PT REALTA CHAKRADARMA (Back to Home)
Home Our Solutions About Us Partners Careers Opportunity Contact Us

Kwartal Pertama Tahun 2014 Yang Penuh Harapan

 Tahun 2014, bergerak cepat. Semua menyiapkan diri untuk menyongsong Tahun penuh Harapan Baru.

Kwartal pertama lewat dengan baik, pekerjaan tahun lalu sudah terselesaikan, rencana pembangunan Gedung Realta, sudah menunjuk kontraktor dan saat saya tulis Blog ini, sudah mulai dengan tiang pancang. Penuh harap kami akan menempati kantor yang baru di awal tahun depan.  Saat ini juga, kami sedang membahas mengenai produk2 baru REALTA yang sedang di process oleh Team Software Factory.  Team andalan Realta, yang terdiri dari developers. Mereka sekarang juga ditunjang oleh team Riset dan Pengembangan, sehingga semua hal-hal baru yang di release oleh Microsoft dan lain-lain, selalu dapat dipelajari dan diadaptasi kedalam system buatan Realta.

Sering kali pelanggan mengira, Realta membuat produk sekali saja, terus di install dan diimplementasikan berkali-kali. Tapi sebenarnya selain harus secara terus menerus dilakukan “continuous improvement”; Produk kami secara berkala, harus dilakukan total revamping. Seakan-akan membuat produk yang baru, agar up to date, tidak ketinggalan dari para competitor kami.

Tentu yang baru akan mengandung berbagai fitur baru. Karenanya pelanggan akan terus menerus mendapat upgrades.

Tahun 2014, menurut saya tahun pancaroba, akan banyak perubahan dipersiapkan ditahun ini. Komputer dituntut semakin memanfaatkan “touch screen”, seperti halnya smart phone yang lebih umum dipakai. Aplikasi dan penggunaannya, tanpa “menu button”, tapi diubah / dipilih hanya dengan “gerakan jari yang ”ndulit sini ndulit sana” (ndulit = colek = swipe). Banyak berbagai hal baru lainnya, sehingga system akan semakin bagus displaynya, semakin cepat processing time-nya.

Kehidupan juga akan menarik di Indonesia, karena kita merayakan pesta demokrasi,  memilih para wakil legislatif dan memilih Presiden yang baru. Ini juga memberi harapan baru bagi kita semua……

Yang pasti kita tidak dapat menghindari kerja keras. Realta tanggal 30 Maret yang lalu, merayakan Ulang Tahun yang 31. Mari kita lanjutkan pelayanan kita kepada para pelanggan sehingga semua pelanggan merasakan keberhasilan dalam usaha untuk mencapai Visi dan Misi perusahaan, dengan lebih baik, karena memanfaatkan produk dan pelayanan dari PT REALTA CHAKRADARMA.

Kegiatan sosial saya juga jalan terus, memikirkan perbaikan dibidang pendidikan di Indonesia, tugas dan proyek sosial melalui keanggotaan saya di Rotary International Club, serta semua yang terkait dengan ICT melalui Yayasan APKOMINDO Indonesia, ASPILUKI, MASTEL dan KADIN INDONESIA.

BY ME, FOR YOU, IN HIS NAME….

Akhir April 2014,  Hidayat Tjokrodjojo

Selamat Natal 2013 dan Tahun Baru 2014

Selamat dan teriring doa, rasa syukur atas semua yang sudah kita capai dan alami ditahun 2013 serta semua harapan dan rencana untuk kita laksanakan di tahun 2014.  Semoga Berkat, Rachmat, Taufik dan Hidayah Tuhan Allah Yang Maha Esa, selalu beserta kita semua. Mari kita tetap bersemangat untuk melaksanakan tugas kita dengan sebaik-baiknya, karena tidak ada substitusi, untuk kerja tekun dan konsisten. Juga tentunya hasil akan selalu maksimal, bila semua kegiatan dilakukan dengan motivasi yang kuat dari dalam diri anda sendiri atau yang intrinsic dan bukan yang extrinsic.

Demikian pula di Realta, komitmen kami untuk memberikan “ONE SOLUTION” yang sudah kita sepakati, tentu akan kita penuhi. Kita di Realta, selalu merasakan kebahagiaan, saat pelanggan menyatakan kepuasan mereka atas hasil kerja kita. Ditahun mendatang ini Realta akan melanjutkan dan menyelesaikan beberapa produk baru untuk menambah fitur, juga lebih memanfaatkan konsep “Cloud Computing”, yang nampaknya semakin mudah diterapkan dengan semakin tersedianya fasilitas internet di semua lokasi dimana pelanggan kami berada.

Karena fasilitas internet sebenarnya adalah sarana untuk mempercepat dan memudahkan komunikasi dan transaksi, maka sifatnya adalah “alat produksi” untuk meningkatkan perekonomian, kemajuan teknologi maupun dibidang pendidikan yang pada akhirnya memajukan kesejahteraan bangsa dan negara, maka diharap pemerintah tetap menyediakan sarana ini dengan harga yang sangat terjangkau, atau boleh saya minta agar lebih murah dibanding di negara tetangga. Karena dengan tersedianya fasilitas internet, seluruh gerak perekonomian dan kehidupan masyarakat secara luas akan berkembang positif, tidak hanya dilapisan atas saja, tapi semuanya akan sejahtera bersama-sama. Itu sebabnya organisasi telekomunikasi dunia, mengajak semua negara berkembang mengatasi masalah “Digital Divide”. Dimana yang kaya semakin kaya karena dapat membayar manfaat internet.

Selain itu kita harapkan pemerintah semakin menerapkan TIK disemua bidang, sehingga “Good Governance” tercapai di lingkungan pemerintahan maupun swasta. Ini akan memajukan bangsa dan negara NIKRI, sehingga kehidupan rakyat semakin sejahtera. Tata Tentram Kerta Raharja, di negara yang Gemah Ripah Loh Jinawi, jangan sampai lebih buruk dari saat sekarang ini.

Biar akhir tahun 2013 ini sebagai tahun tercapainya “titik balik”,  berupa pemikiran baru, sikap, kejujuran dan kerja yang lebih baik,  banyak yang harus segera kita perbaiki.  kalau tidak diperbaiki, nilai tukar Rupiah akan menyebabkan perekonomian terganggu. Pembayaran terlambat, sedang pemasok barang dan jasa memerlukan dana, agar tetap dapat memberikan pelayanan yang berkesinambungan.   Kita bersyukur bahwa di Ibu Kota hal ini sudah mulai nampak ada perbaikan, semua upaya pemerintah daerah DKI harus kita support agar semakin nayat, hanya dengan kerja baik akan tercapai hasil yang baik pula.

Saudara bagaimana pendapat anda? Silahkan berikan comment untuk kita lanjutkan pembahasan2 kita.

Salam sejahtera, bagi kita semua,

Hidayat Tjokrodjojo

Menyambut Agustus 2013 Dan Direksi Realta

Saudara,

mari kita sambut Direksi baru Pak David Oei Hong Kien dan Pak Wiwin Wangsa .

Untuk senantiasa menyediakan tenaga ahli yang akan membuat software aplikasi yang up to date, kemudian melaksanakan Instalasi dan Implementasi serta Maintenance dari system software di Realta, kami selalu mencari, menerima dan melatih tenaga yang kompeten untuk melakukan tugasnya.

Selain itu tak kalah penting Realta harus selalu memperhatikan Management dan Quality.

Jadi meski tetap menganut konsep “flat organization”, di Realta kami mempunyai rekan-rekan yang tugasnya sebagai Director, ada yang sebagai General Manager, Manager dan Assistant Manager serta rekan-rekan dalam team dan bagian pekerjaan-nya. Uraian tugas dan tanggung jawab dan achievement setiap karyawan jelas untuk hasil terbaik dibidang kerjanya, tapi bagi assistant manager mulai dibebankan juga tugas2 managerial. Terus bagi manager, general manager dan director, semakin banyak porsi managerialnya semakin luas  dan terintegrasi dengan semua aspek yang terkait dengan tugasnya. Posisi juga mempertegas, tanggung jawab untuk mengembangkan perusahaan. Masalah dan tanggung jawab juga automatis menjadi lebih besar.

Pak David Oei, dengan pengalaman beliau diberbagai unit perusahaan di Astra, kini menjadi Direktur yang akan menangani hal-hal terkait administrasi, prosedure kerja dan personalia. Sedang pak Wiwin Wangsa, yang dahulu pernah bekerja di Realta kembali bertanggung jawab dibidang pengembangan pasar, produk serta hal-hal terkait dengan pelanggan yang semakin banyak.

Kita sampaikan selamat berkarya dan berprestasi bagi para direktur yang baru.

Mari kita capai sukses bersama.

Perusahaan Pelanggan dan Karyawan, ketiganya seakan “Setali Tiga Uang”.

Kepentingan ketiga pihak tersebut harus terpenuhi untuk mencapai sukses.

Menyambut Agustus 2013, Ir. G   Hidayat Tjokrodjojo

Hardware, software and Network, “One-Solution Service”

Satu yang masih Realta lakukan dan berbeda dengan yang lain adalah melaksanakan perencanaan, pe,bangunan dan pemasangan cabling dan sekaligus memasok kebutuhan hardware-nya pada instalasi komputerisasi di pelanggan Realta.

Pekerjaan terkait cabling dan hardware ini minim sekali marginnya, sangat competitive dan pembayarannya atas pembelian dari supplier serba cepat. Malah ada kalanya CBD, cash before delivery. Jadi Realta dan hampir semua pemasok hardware, selalu mendoakan agar pembayaran hardware dari pelanggan jangan sampai ada yang tertunda. Jadi kenapa hal diatas masih dilakukan?
Sebenarnya ini lebih untuk kepentingan pelanggan dan menjamin kelancaran saat software diinstall dan diimplementasikan. Banyak instalasi yang terganggu karena pemasangan cabling yang dibawah standar kwalitas yang seharusnya. Mungkin karena design dan pemasangan cabling dilakukan oleh mereka yang hanya berpengalaman memasang kabel listrik dan telepon, sehingga banyak error-nya. Untuk informasi data apalagi yang fiber optic, perlu ketelitian dan harus sesuai berdasarkan standard-nya. Kalau sudah terjadi error apalagi yang intermittent, (adakalanya error, tapi adakalanya baik dengan sendirinya), data bisa menjadi kacau.
Implementasi software juga akan terganggu, kalau pemasok hardware, mungkin harga sedikit lebih murah, tapi sipemasok kurang mempunyai pengetahuan dan pengalaman, tidak memperhatikan spesifikasi yang seharusnya. Bisa saja spec memory-nya kurang, software interface tidak ada, maupun installation setting tidak seperti yang seharusnya. Jadi kalau pelanggan memang tetap mau membeli hardware dan networking dari pihak lain, Realta yang sudah memberikan gambar design memang jadi sangat takt implementasi tidak lancar.
Benar kami dibayar untuk design dan setting, tapi masih ada masalah yaitu ketepatan waktu delivery ketempat pelanggan yang tidak memenuhi jadwal yang sudah direncanakan. Ini akan menyebabkan team implementasi jadi kacau rencana kerjanya. Yang terlambat pihak lain, tapi kerugian oleh keterlambatan akan merugikan pihak pelanggan dan juga Realta.

Selama ini Realta berusaha agar semua proses implementasi untuk semua produk Aplikasi Realta, termasuk hotel, jangan sampai mengalami keterlambatan. Selain pentingnya billing dan pelayanan hotel kepada tamu, data yang disajikan oleh “Rhapsody”, setiap hari diperlukan dalam decision making process para manager serta pemilik hotel.

Terimakasih kepada para pelanggan yang telah mempercayakan kebutuhan akan perencanaan, pemasangan serta instalasi networking sekaligus dengan hardware-nya untuk dipasok oleh Realta.
Produk Pelayanan yang lengkap ini, kami namakan One-Solution Service”.
Realta di penghujung bulan Juli 2013,
Ir Gunawan Hidayat Tjokrodjojo

Paruh Tahun 2013

Saudara2 sekalian, tahun 2013 cukup menggembirakan bagi kami di Realta. Recognition dari pelanggan, adalah salah satu achievement yang sangat jelas dan memang kami dambakan.
Sebenarnya kalau perusahaan pemakai system, memberikan kepercayaan kepada sebuah perusahaan yang terpercaya untuk memasok system komputerisasi-nya; misalnya kepada Realta; Ini akan menghasilkan mutual benefit yang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Bukan karena membayar lebih, tapi karena penghematan dan lower cost of ownership. Perusahaan seperti Toyota, menganggap pemasok mereka sebagai bagian dari system yang tak terpisahkan sehingga mereka dapat menerapkan just in time atau kanban. Di Indonesia hal ini nampaknya diterapkan oleh PT Astra International. Kalau pemasok menjadi bagian dari system atau proses kerja perusahaan, maka kedua belah pihak dapat saling mempercayakan dan mengambil tugas yang semula harus dikerjakan oleh pihak yang lain. Dan ternyata bagi pihak yang ambil alih tugas, melakukan hal tersebut mudah dan juga murah untuk dilakukan.
Misalnya dengan menjadi supplier utama untuk system komputerisasi disemua hotel dari pelanggan kami, maka proses “mencari supplier” tak usah dilakukan lagi. Proses perencanaan, pembangunan dan pemasangan; yang umumnya terkait dengan berbagai bagian lain; dibantu oleh Realta, sehingga lancar & terkendali, yang dipasang sesuai standar kebutuhan, kwantitas dan kwalitasnya. Waktu dan biaya dapat dihematkan. Mengenai harga, kwalitas pelayanan dan kelengkapannya terjamin. Proses persiapan data dan pelatihan juga masuk dalam kerjaan Realta, cepat dan sesuai standard yang sudah ditetapkan. Kalau ada perubahan2 dan perkembangan kebutuhan, dengan lantas terpenuhi, terpasang sekaligus disemua hotel. Ini betul2 sangat efisien dan efektif.
Tentu memilih pemasok harus teliti, apakah perusahaan bonafide? Jangan hari ini ada, besok entah kemana, respons atas emergency dan pelayanan harus 7×24. Tapi milih pelanggan juga perlu teliti, apa bonafide? Jangan sampai banyak meminta, tapi sulit menepati pembayaran.
Dan yang terpenting, kami ingin pelanggan yang cukup menghargai kepentingan bersama antara pemasok dan pelanggan!
Ada kalanya sebagai pembeli, sebuah lembaga menempatkan pemasok diluar system, hubungan baik antara pembeli dan penjual tidak dibentuk, harga harus murah, pemasok rugi-pun ditekan terus, selalu pakai tender yang mengadu para calon pemasok, tata caranya si lembaga mau menang sendiri. Pasti pada akhirnya tidak terbentuk mutual benefit diantara pembeli dan penjual.
Kami bersyukur dalam setiap kesempatan dalam doa-doa kami, karena selama ini Realta selalu mendapatkan pelanggan yang mau menetapkan kami sebagai pemasok yang terpilih dan masuk dalam system kerja mereka.
Realta tetap selalu memegang teguh dan melaksanakan semboyan budaya perusahaan ITHACA (Integrity, Team Work, Holistic, Achievement, Creativity dan Advancement), Realta sebagai pemasok, akan siap memberikan pelayanan yang terbaik. Realta mendapatkan keuntungan layak untuk membayar biaya2 operasional, kesejahteraan karyawan, meningkatkan kemampuan teknologi dan juga menambah fitur dalam produk kami, semuanya ini pada akhirnya akan menjadi benefit bagi pelanggan.
Kepada semua pelanggan Realta, kami ucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan dan perkenan memberikan pelayanan kami untuk memenuhi kebutuhan komputerisasi, hardware, networking serta system software aplikasi seutuhnya.
Jakarta, July 2013, Ir G Hidayat Tjokrodjojo

Tahun 2013 bergerak cepat….

Tahun 2013, juga bergerak dengan cepat.
Perencanaan kerja dan pekerjaan terus bergulir. Segenap jajaran di Realta tetap menjaga kwalitas hasil kerjanya, berusaha mencapai kepuasan bagi pelanggan. Memang tidak mudah, karena ICT belum sepenuhnya dimengerti dan belum dimaklumi pemanfaatannya. Maksud saya belum semua pelanggan kami, menyadari bahwa pemasangan instalasi jaringan utk computer networking, tidak sama dengan pengerjaan jaringan listrik atau telepon. Bahwa design dan pemasangannya, perlu menuruti standard yang baku dan harus dikerjakan menurut kaidah yang baku, agar system jaringan tidak terganggu. yang parah kalau terganggu secara intermittent, karena cara pemasangannya kurang baik.
Karenanya Realta memberikan pelayanan “one Solution”, mengharap agar pelanggan memakai jasa kami, mulai dari merancang, memasang, mengimplementasikan, integrasi, pelatihan dan persiapan data, “All in All”, sebagai kesatuan solusi, mencakup pula alat-2 elektronik lain yang akan terkait dengan system ICT yang diterapkan.
Untuk Hospitality industry, ini meliputi juga system personalia dan penggajian, time attendance, in room entertainment, door key dan jaringan internet (wifi) untuk public area maupun yang didalam kamar.
karena kami memang sudah berkecimpung dibidang ICT ini sejak tahun 1983, kami sudah merasakan banyak kemajuan, dimana para pemilik dan operator hotel, misalnya seperti Accor, Dharmala, dan Tauzia, menetapkan Realta sebagai pemasok standar yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan hotel di bidang ICT. Tentu bagi Realta ini sebuah Achievement yang patut kita syukuri. Sekaligus juga perlu kesungguhan hati atau Commitment dari segenap jajaran di Realta untuk bekerja lebih serius lagi, menjamin kepuasan pelanggan.
Realta tetap mengembangkan produk kami lainnya: SIAP+P, SAKTI, CRM dan HELP DESK, yang banyak kami lengkapi dengan Proses Cloud Computing, dimana pemakai system ini, dapat menjalankan system yang satu dan sama, dari mana saja dan kapan saja. Ini sangat menguntungkan bagi perusahaan yang mempunyai banyak cabang atau outlet di berbagai tempat di Nusantara.

Ditahun 2013 ini, saya tetap berkecimpung dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan tetap ikut dalam kegiatan yang terkait dengan perkembangan (ICT) atau di Indonesia disebut: Teknologi Informasi dan Komunikasi, disingkat TIK. Semoga dengan demikian kegiatan komersial demi kepentingan perusahaan, mendapat keseimbangan dengan kegiatan yang sifatnya Sosial kemasyarakatan.
Mohon doa restunya, agar saya dapat lanjutkan kiprah saya ini dan menjadi bagian dalam pembangunan Indonesia kita yang tercinta ini.
Salam penuh semangat, Ir G Hidayat Tjokrodjojo.

Tahun Yang Baru 2013 ….

Saudara2 sekalian, saya percaya, tahun 2013, akan banyak terjadi perubahan. Perubahan yang secara significant menuju perbaikan bagi kita semua. Khususnya dalam hal penyelenggaraan pemerintahan dan tata negara, penguasaan teknologi, serta perekonomian dan iklim berusaha di Indonesia.
Ini tercermin jelas dari munculnya para pemimpin pemerintah daerah yang bersikap sangat positif, suara kamu muda Indonesia yang tidak suka akan korupsi dan segenap jajaran pemerintah pusat, juga akan terbawa untuk semakin menunjukan sikap kerja yang lebih terbuka, correct serta mengutamakan kepentingan masyarakat secara luas.
Masyarakat Indonesia dari semua golongan dan kelompok, yang juga mengharapkan perbaikan kwalitas hidup sebagai bangsa dan di negara Republik Indonesia, akan semakin saling menghormati dan membentuk persaudaraan yang rukun. Kehidupan yang “Bhineka Tunggal Ika” akan berjalan dengan serasi dan harmonis.
Dalam teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas internet akan semakin memenuhi standar dengan harga yang semakin terjangkau. “Cloud computing” yang sangat dibutuhkan di negara kepulauan seperti Indonesia akan mulai dikembangkan. Realta sudah mengimplementasikan beberapa system, yang memanfaatkan cloud computing, serta fasilitas SMS dan on line transaction.
Kami juga mengharapkan dibidang pendidikan akan semakin banyak aplikasi “e-learning” sehingga anak2 yang berada di pelosok tanah air, semakin mudah terjangkau oleh materi2 pendidikan formal.
Realta sudah menetapkan untuk terus mempertajam keberhasilan Realta membentuk system aplikasi yang sangat menguntungkan bagi para pemakainya secara terintegrasi dan utuh. Pelayanan ini disebut sebagai “ONE SOLution”. Realta akan memanfaatkan berbagai fasilitas dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang paling mutakhir dalam semua product and services dari Realta.

Bagi para pelanggan dan calon pelanggan. Silahkan melihat produk Realta, di www.realta.co.id ; hubungi team Realta, untuk membahas kebutuhan anda. Apalagi kalau perusahaan anda menjalankan bisnis secara nation wide dan anda butuh kecepatan serta ketepatan bertransaksi, maka “ONESOLution” pasti akan memenuhi kebutuhan perusahaan anda.
Realta menyadari bahwa kekuatan Realta, terbentuk sejak berdiri ditahun 1983, disebabkan karena komitmen dari segenap insan yang bekerja di Realta. Ini juga terkendali, dengan penerapan standar mutu ISO 9001:2008, untuk menjaga kwalitas.
Terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan penghargaan dan awards, kepada Realta, kami sungguh berbahagia sudah dapat mencapai prestasi yang anda amati dan beri penghargaan.
Semoga usaha Realta, tidak saja memberikan kebaikan, berupa sumber kehidupan bagi semua insan dalam keluarga besar Realta sendiri, tapi juga agar aplikasi buatan anak negeri ini, terus menerus memberi kepuasan bagi pelanggan yang merasakan berbagai keuntungan karena memanfaatkan pelayanan Realta.
Terimakasih atas kepercayaan kepada Realta dan Selamat tahun Baru 2013.
G Hidayat Tjokrodjojo – awal Januari 2013.

Masa Depan ICT di Indonesia…..

Bagi PT Realta Chakradarma, tanggal 30 Maret 2012, berarti kami berusia 29 tahun. Pasti akan dirayakan, karena merayakan, berarti segenap jajaran di Realta, ber-syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, atas karunia dan kesempatan bekerja dan menerima nikmat dari pengembangan profesi kami dibidang ICT di PT Realta Chakradarma.
Kalau kita merenungkan: Visi Realta, mungkin terasa bahwa kami cukup berhasil dalam upaya meraih visi kami. Yaitu: To be the best and most prestigious ICT company, with a Worldwide Reputation for Excellence in Quality and Creativity. Maka dalam ulangtahun kami nanti, mungkin Realta, perlu memikirkan apakah VISI ini perlu dikembangkan ? Agar dapat mencapai taraf yang lebih tinggi ? Bagaimana pendapat anda ?

Kembali pada pertanyaan mengenai Masa Depan ICT di Indonesia ?
Nampaknya potensi ICT di Indonesia, tetap luar biasa. Hati kita patut berbunga-bunga, mengharapkan perkembangan bisnis ICT, dapat sejalan dengan potensi yang ada. ICT untuk aplikasi2 umum, pendidikan, pemerintahan dan hankam serta militer maupun untuk administrasi perusahaan diberbagai bidang usaha, semua punya potensial berkembang dengan baik.
Tapi sebelum dapat berkembang dan memberi lapangan pekerjaan dan pendapatan sebaik di India misalnya, kita perlu kaji keadaan kesediaan iklim Sosial Politik dan perdagangan, sekarang ini bagaimana ?
Menurut saya secara umum, dapat disebut baik, tapi sama sekali belum cukup baik. Ini karena tidak merata, aturan dan kebijakan2 tidak holistic, dan banyak yang tidak jelas.
Terutama, infrastruktur yang masih begini-2 saja. ICT jaman sekarang, membutuhkan ketersediaan “Broad Band Internet”, yang cukup lebar, kecepatan tinggi, ubiquitous, murah dan meriah. Artinya selain murah, tersedia dimana saja, kapan saja, tidak tergantung dari pulau2 atau kota tertentu saja. Yang kami takutkan, kondisi dan situasi “kehidupan digital” di Jakarta, kini malah semakin timpang atau jauh lebi baik dibandingkan dengan didaerah. Apakah “digital divide” malah bertambah gawat? Saya terus terang belum mempunyai data yang jelas dan nyata serta dapat dipertanggung jawabkan.

Jadi bagi Realta sendiri bagaimana?
Kami akan tetap kembangkan system kami menuju ke CLOUD COMPUTING dan GREEN ICT, sesuai penerapan standar mutu ISO 9001:2008.
Mengenai ketersediaan fasilitas “Broad band”, kita harap dan doakan saja. Pada suatu hari akan tersedia koneksi fiber optic, kesemua Kabupaten.
Yang pasti, Realta senantiasa ingin menyajikan Produk dan Pelayanan yang berkwalitas, sehingga menjadi Pilihan Utama bagi Pelanggan kami. Mereka memilih Realta, karena memang mendapatkan MANFAAT serta keuntungan lain yang tangible maupun intangible dibanding bila memilih product yang lain.

Salam, Hidayat Tjokrodjojo, Hoping “Palapa Ring” can be deployed soonest and the ICT industry will enjoy the broadband facilities available at all the Provinces in Indonesia.

SERBA CEPAT…..lewat begitu saja.

Tahun baru 2012, berlalu begitu saja, kemudian Tahun Baru Imlek, lewat juga. Rasanya seperti naik kereta api, kita lihat jendela, pohon dan tiang listrik, berlarian, ketinggalan menjauhi, persis seperti tanggal dan berbagai kejadian dalam kehidupan ini, lewat begitu saja.

Semua keinginan belum terpenuhi, waktu cepat berlalu, kini sudah ditengah bulan Februari tahun 2012.

Banyak yang terpikir dan ingin disampaikan, tapi belum juga di post di halaman Blog saya ini. Pasti banyak yang semula suka ikutan baca dan kasih comment, jadi bosan dan tidak mampir2 lagi…….

Sejak tanggal 25 Oktober tahun lalu, berbagai kesibukan saya, sudah ditambah satu, yaitu bermain dengan cucu saya Annika Katya Tjokrodjojo, ini patut disebut disini, meski Blog diwebsite perusahaan, tapi menurut saya, salah satu yang terpenting dikehidupan ini adalah KELUARGA.

Bicara tentang keluarga, rumusan saya, adalah “Hormat kepada generasi yang lebih tinggi dan mereka yang dituakan; Apresiasi kepada saudara, handai taulan yang sepantaran; Sayang kepada yang lebih muda, terutama anak dan cucu.

Setujukah anda akan pemikiran saya tentang keluarga ? Jadi seperti bentuk Salib, ada yang keatas kebawah, kekiri dan kekanan. Tentu semua disayang, semua dihormati dan di paresiasi, tapi ada rumusannya juga.

Dalam kehidupan sehari-hari juga demikian, semua akan berjalan serasi dan lancar, kalau kita tetap memberi perhatian dan apresiasi, kepada yang lebih tinggi dan yang paling tinggi Tuhan YME, juga kepada kakak kelas, guru, pimpinan, pejabat; Apresiasi pada yang sepantaran, teman, rekan serta partners; Dan tentunya perhatian kepada murid, staff dan echelon kerja yang lebih bawah.

Di REALTA CHAKRADARMA, semua dijalankan dengan konsep I.T.H.A.C.A dan pemikiran diatas, agar terasa sebagai sebuah keluarga besar, bekerja secara harmonious. Coba lihat website kami tentang I.T.H.A.C.A.

Saudara, REALTA sudah siap menawarkan solusi berbasis Cloud Computing. Karena fitur baru yang kami susun memberi banyak keuntungan bagi pemakai system dari REALTA, kami percaya system kami akan menjadi preferred solution. Semua produk Realta, senantiasa dikembangkan dan di upgrade, ini membutuhkan investasi dan effort yang besar. Memang ada Customer kami yang lebih suka dengan system aplikasi yang lama, malah kalau bisa jangan berubah atau diupgrade. Tapi seperti kisah pohon dan tiang listrik diluar jendela, perubahan terjadi, segala sesuatu harus ikut diperbarui, kalau tidak akan tertinggal jauh nun disana…..

Logistic system untuk perhotelan, RHAPSODY kini dilengkapi dengan transaksi pemesanan barang secara “cloud computing”. Demikian pula aplikasi untuk Reservasi dapat menerima pesanan lewat internet. Tingkat Hunian Kamar yang semakin meningkat, menyebabkan hotel harus menerapkan Yield Management atau yang juga dikenal dengan RMS atau Revenue Management System.

Sales Analysis dari aplikasi distribusi SAKTI juga dihasilkan dari transaksi cloud, SIAP+P semakin banyak transaksi yang cloud. CRM (Customer Resource management) juga sudah dapat diupdate dari mana saja kapan saja karena diproses melalui cloud.

Demikian di Realta, kami semakin sibuk saja dan tentunya semakin meningkatkan kepuasan bagi pelanggan kami.

Terimakasih atas kerjasama selama ini dan kepercayaan pelanggan kepada kami di REALTA CHAKRADARMA, semoga Tuhan Yang Maha Esa, selalu memberi Berkat dan Rachmat keberhasilan bagi Umat yang mendarmabaktikan upaya dan hasil pekerjaannya, sebagai bagian dari Ibadah.
Hasil Audit ISO dibulan Januari 2012, yang lalu menetapkan REALTA tetap menyandang sertifikasi ISO 9001:2008.
REALTA, 15 Februari, 2012.

Masa Depan dan Pengalaman Perjalanan ke USA

Untuk menghadiri upacara perkawinan seorang keponakan yang tinggal di Dallas TX, sebelum lebaran bersama keluarga, kami pergi ke USA, kembali tanggal 12 Sep yang lalu.
Nampaknya perjalanan yang panjang, masih bisa dinikmati, meski tidak duduk dikelas business. SQ masih salah satu airlines yang bisa dinikmati, karena mereka tidak mungkin hidup dari “domestic flights”, maka mereka telah berusaha menjadi yang terbaik untuk semua international flights nya. Apalagi untuk perjalanan panjang ke benua Amerika dan Eropa.
Pesawat A380 memang mutakhir, duduk di upper deck, window seat, menurut saya nyaman. Jumlah penumpang economy di upper deck sedikit, sehingga pelayanan menjadi lebih baik.
Kalau Garuda mau terbang ke Amerika, jangan tanggung2, harus punya beberapa penerbangan setiap hari, misalnya satu ke LA lewat Hawai, ke SF lewat Taipei, satu ke NY lewat Narita, kemudian diberikan class “Super economy”, yang tempat duduknya lebih lebar dari economy, mungkin pakai saja seats first / business domestic yang biasa dipakai, sdh lebih comfortable untuk penerbangan yang cukup jauh. Saya yakin akan penuh, meski dengan harga sedikit diatas economy SQ. Tapi tentunya Pak Elisa Lumbantoruan, rekan dibidang IT yang sekarang berkiprah di Garuda, beserta para ahli di Garuda yang dapat memastikan apakah idea saya diatas benar atau salah.

DI USA sendiri, masyarakat masih merasa “tanda tanya” akan masa depan perekonomian mereka. Presiden Obama berpidato dan membuat berbagai keputusan yang diharapkan akan membantu peningkatan lapangan kerja. Obama Economic stimulus package kali ini $447 bn. Nilai yang gede sekali. Seperti biasa ada yang pro dan contra. Hasil akhirnya nanti bagaimana? Bagaimana nanti !

Saya sempat melihat acara show dari Pat Boone di Leisure World, Seal Beach CA, di daerah dimana kakak saya bertempat tinggal.
Pat Boone lahir tahun 1934. juga menyebut tentang perekonomian USA yang tanda tanya. Tentu nyanyian dan suaranya sudah tidak sebagus dulu, saat April Love dan Bernardine, sedang jadi Top Hit, tapi masih produktif dengan menyanyikan lagu2 rohani dan membuat berbagai album baru.
Show masih menarik, dibantu dengan rekaman2 dari acara radio, tv, film dan berbagai show yang lama2, diberi komentar yang bebas oleh Pat Boone sendiri, sehingga cukup menggembirakan. Pat Boone, terkenal setia dalam perkawainannya, sang istri juga hadir dalam acara show. Dia memang idak seperti banyak bintang Hollywood yang tidak langgeng kehidupan perkawinannya. Sudah punya 16 cucu (kalau saya tidak salah dengar), dari 4 anak, dan tahun ini, sudah mendapat buyut.

Saya sendiri ingin dan mau mengajak anda semuanya, jangan berhenti berkarya dan memberikan kemampuan serta men dharma baktikan kompetensi anda, demi kepentingan orang banyak, di usia kapan saja.
Apalagi bagi yang masih muda dan berkembang. Terus berjuang, jangan putus asa tapi terus berbuat yang terbaik bagi diri anda sendiri, bagi keluarga, bagi saudara dan handai taulan. Bagi Bangsa dan Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Supaya di Indonesia jangan semakin besar “tanda tanya” nya…. Mau kemana NKRI kita ini, sebaiknya harus benar2 terjadi “besok harus lebih baik dari hari ini”….!!!

Salam hormat, G Hidayat Tjokrodjojo

advanced web statistics